Ahlan Wa Sahlan Mitra Anda dalam Berwawasan

Mata Kuliah Menjelang Pernikahan

Judul Asli: Az-Zuwajul Islami
Penulis: Thoriq Ismail Kahiya
Penerjemah: Zainuddin MZ., Mahrous Ali & H. Abdullah
Penerbit: Pustaka Progressif
Cetakan: Ketiga, April 2004
Ukuran: 11.7 x 19 cm
Halaman: xii + 178 hlm
ISBN: -
Jenis Cover: Soft Cover
Harga: Rp. 24.000,- Rp. 20.400,-




Deskripsi:

Sepintas, pernikahan nampak sederhana dan terbatas pada persoalan-persoalan ritual seremonial seperti rangkaian acara walimatul ‘urus dengan segala kesibukan pengaturan perangkat tradisionalnya, bahkan cenderung serba glamour berikut opini-opini: wach… dan ach… Tidak! Pernikahan tidak se-sesaat dan se-terbatas itu!



Pernikahan merupakan lembaga sosial yang didalamnya terakumulasi seperangkat karakter, interaksi, kepentingan dan tujuan yang hendak dicapai. Pernikahan akan menciptakan keluarga sebagai miniatur dari komunitas masyarakat bangsa dan negara. Dalam lembaga ini, seseorang akan dihadapkan pada persoalan-persoalan baru yang tidak pernah ia jumpai sebelumnya. Karenanya, tidak jarang sekelompok orang menghindari lembaga ini (dalam persoalan seksual, misanya) menuju lembaga-lembaga liar yang – menurut alasan mereka – terlepas dari beban dan tanggung jawab. Walhasil, lagi-lagi muncul persoalan baru.



Sebetulnya, pernikahan dalam Islam merupakan subsistem untuk menciptakan lembaga-lembaga kemanusiaan yang bermartabat. Di dalamnya terdiri dari sejumlah nilai yang mendukung ke arah itu. Arah menuju rahmat dan ridha-Nya. Sarat dengan pokok-pokok ajaran yang benar. Jalan lempang menuju kehidupan yang hakiki, di dunia dan kelak.



Untuk itu, penulis menyuguhkan sesuatu yang terbaik sebagai jawaban dan bekal bagi Anda. Dengan rujukan kitab-kitab fiqih yang handal disertai dalil-dalil al-Qur’an dan al-Hadis, juga penyajian penulisan yang bagus, maka cukuplah buku ini mengantar Anda memasuki lembaga yang satu ini.


Pembahasan:

BAB 1

A. FUNGSI KELUARGA DALAM ISLAM

B. BAGAIMANA MEMILIH ISTRI

C. BAGAIMANA MEMILIH SUAMI

D. MEMINANG PEREMPUAN (KHITBAH)

E. MAHAR (MAS KAWIN)

BAB 2

A. WALIMATUL’URUS (PESTA PERKAWINAN)

B. TATA CARA PERNIKAHAN DAN PERGAULAN

C. MANDI JUNUB, HAID, DAN NIFAS

D. SAAT BERSENGGAMA SUAMI DENGAN ISTRI

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.