Ahlan Wa Sahlan Mitra Anda dalam Berwawasan

ARBAIN MUTTAFAQUN ‘ALAIH

Penulis: Abu Zur’ah ath-Thaybi
Penerbit: Pustaka Syabab
Cetakan: Pertama, Dzulhijjah 1434 H/Oktober 2013
Ukuran: 10.5 x 14.5 cm
Halaman: vi + 38 hlm
Jenis Cover: Soft Cover
Harga: Rp. 6.500,-








Hadits Arbain Muttafaqun ‘Alaih
Untuk Hafalan


Deskripsi:


Kutaib ini disusun untuk turut serta menambah semangat sebagian para pemuda Islam yang enggan menghafal hadits-hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia nan berkah. Mereka enggan menghafal karena bisikan yang dihujamkan setan ke dalam hati mereka dengan berbagai hembusan dan bisikan lemah. Semoga keberadaan kutaib ini turut menambah semangat para penghafal hadits dan ilmu, untuk meniru langkah orang-orang terdahulu yang mulia dan berwibawa karena mencari, menulis, menghafal, memahami, mengamalkan, dan menyebarkan hadits di tengah kaum muslimin.



Kelebihan Kutaib Ini:

  1. Hanya berisi hadits-hadits shahih muttafaqun ‘alaih yang diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim, sementara Arbain an-Nawawi berisi hadits-hadits yang shahih dan hasan bahkan sebagian dha’if.
  2. Hanya hadits-hadits pendek saja yang dicantumkan di kutaib ini sehingga mudah untuk dihafal – sebagaimana tujuan awal penulisan kutaib ini – sementara Arbain an-Nawawi sebagian haditsnya panjang-panjang sehingga butuh kerja keras dalam menghafalnya.
  3. Hanya mencantumkan matan hadits saja sehingga mempermudah untuk dihafal, tetapi untuk melengkapi faidah penulis cantumkan dalam tanda kurung shahabat yang meriwayatkannya, dan takhrij hadits yang luas untuk hadits-hadits tertentu dalam footnote.


Usai menghafal semua hadits ini, sangat dianjurkan untuk melanjutkannya ke Arbain an-Nawawi, karena banyaknya kandungan faidah dalam hadits-hadits di kutaib tersebut. Dikatakan bahwa pokok-pokok agama Islam tercantum dalam Arbain an-Nawawi. Maka, meninggalkan Arbain an-Nawawi berarti telah meninggalkan faidah yang begitu banyak dan melimpah.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.